Menampung Aspirasi Warga
Memberikan Kemudahan
Transparansi Publik
Kotak saran elektronik
Media pusat informasi telah
menjadi kebutuhan dinas, rumah sakit, dan sekolah tanpa dibatasi oleh media
yang sudah ada, internet maupun barang cetakan. Pelanggan akan bebas memberikan
kritikan dan masukan bagi Dinas Layanan public atau sekolah tentang apa saja
yang perlu dilakukan berdasarkan hasil dari pelanggan, siswa atau masyarakat.
Infos sebagai sarana informasi bisa dipasang di depan pintu masuk
atau area istirahat, ruang tunggu dan sebagainya pada sebuah perusahaan atau
dinas yang berkaitan dengan pegawai, layanan public atau suatu organisasi yang
membutuhkan masukan dari berbagai Pihak untuk tujuan tertentu, misalnya ;
- Seorang Walikota akan menerima informasi dari warganya hanya dengan membaca SMS yang masuk diruang kerjanya, hal ini akan menjadi catatan atas kebijakannya, selain itu juga Pemimpin akan selalu dapat merespon setiap informasi yang masuk dari warganya.
- Kantor – kantor layanan public akan memberikan fungsi Pelayanan yang menerima usulan atau saran bahkan laporan terhadap suatu proses layanan public apabila ditemukan berbagai hal yang bersifat positif atau negative. Marsyarakat tidak akan ragu memberikan informasi atau sumbang saran bagi lembaga tersebut.
- Pada lembaga pendidikan sarana ini juga sangat dibutuhkan untuk menampung berbagai keluhan siswa atau orang tua atau masyarakatnya terhadap suatu kebijakan, dengan sarana ini guru akan selalu memperhatikan setiap usulan dari masyarakat sekolah untuk ditindaklanjuti jika hal tersebut bernilai positif dan melakukan suatu kegiatan yang lebih responsive, dan sebagainya.
- Infos indoor bersifat “ Interaksi Dalam “ artinya bahwa alat ini akan dipasang pada ruang guru, ruang direktur, ruang pegawai, ruang kepala dinas atau ruang lain yang dianggap perlu untuk dapat memberikan informasi lengkap sesuai dengan tugas dan wewenangnya.
Program
aplikasi Infos dan fiturnya ini dapat dimanfaatkan sebagai ;
A.
SMS
Informasi Masyarakat
berupa pengaduan, dukungan, kritik, saran dan laporan secara tertutup, artinya
setiap laporan yang masuk dari masyarakat / pelanggan hanya diketahui oleh
lingkup pengelola / administrator dikantor tersebut yang telah membuka layanan
Informasi ini.
B.
SMS
Polling Kebijakan
atau usulan yang membutuhkan tanggapan dari masyarakat terhadap kebijakan
tersebut, jika masyarakat merespon dengan hasil setuju maka kebijakan tersebut
dapat dilanjutkan. Masyarakat hanya menggetikan format A, B, C atau D saja lalu
dikirimkan ke Nomor Server Infos ini. Secara otomatis Infos akan mencatat dan
memberikan nilai dengan menjumlahkan setiap karakter A, B, C, atau D.
C.
SMS
Quick Count
yang menghitung perolehan suara kandidat dalam suatu pemilihan umum, pemilihan Ketua Osis, Guru Favorit, dan sebagainya, secara
otomatis dapat menjumlahkan perolehan suara tiap TPS, atau Kelurahan
atau kecamatan, yang tersaji secara cepat.
D.
Agenda
Acara, Infos
dapat memberikan inputan agenda acara sehingga Kepala Daerah atau pemasang
Infos ini dapat melihat agenda apa saja yang ada dihari tersebut.
E.
Auto
Respond dan Mengirim SMS Tunggal,
setiap SMS yang masuk dapat dibalas secara otomatis atau manual ( Tunggal ).
F.
Terintegrasi
Jaringan Server Infos,
server ini dapat diintegrasikan dengan server invos lainnya sehingga
memungkinkan satu Input data direlay menuju beberapa tempat secara mudah, baik
polling, quick count maupun lainnya.
G.
Perintah
harian dan
sebagainya dapat secara mudah diintergrasikan melalui Text Berjalan, misalnya
Pak Lurah dengan segenap perangkat desanya.
Dari
semua fitur yang ada Infos memberikan kemudahan dengan baik dan layanan terbaik
bagi Pejabat atau kantor untuk selalu membuka komunikasi yang responsive kepada
masyarakat.
Pembangunan sarana informasi yang terpusat dan melingkupi area
daerah tertentu maka sistem yang dipakai didalam “ Infos “ merupakan konsep informasi dalam area dinas,
rumah sakit, dan sekolah dimana pada intinya setiap pelanggan bebas belajar
dilingkungan dinas, rumah sakit, dan sekolah tanpa harus dibatasi oleh berbagai
hal diatas, setiap pelanggan atau masyarakat bebas melakukan usulan, kritik,
saran, dan informasi apapun bagi sekolah, dinas atau lembaga terkait.
Jika saja sistem konsep ini
dibangun pada setiap dinas, rumah sakit, dan sekolah maka akan tercipta suasana
dinas, rumah sakit, dan sekolah yang lebih elegan, representatif dan edukatif
serta responsive transaran, sekaligus menjawab berbagai persoalan diatas.
Beranikah lembaga anda membuka Infos untuk Transpansi ??
Dan kini saatnya menuju era “ Infos “ dengan konsep “ Information
Go Public “
Petunjuk dan instalasi penggunaan bisa download Disini