03 Oktober 2015

PILKADA - POLLING - Cawali - Cabup - Caleg

Vote Vote  

Bagaimana jika polling dilakukan jelang Pilkada ?
Kadang kita perlu mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap pilihannya, ada beberapa hal yang menjadi catatan disini, bagaimana seseorang membuat polling untuk kepentingan tertentu.
Secara sederhana polling dilakukan untuk menentukan pilihan, namun yang memilih kadang enggan untuk memberikan keputusan dengan pollling karena data yang masuk tidak memberikan jaminan kemenangan, namun setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai catatan ;
A. Poller sebut saja begitu adalah orang - orang yang dimintai pendapat terhadap beberapa pertanyaan atau illustrasi tentang kandidat walikota atau bupati, jika dia sebagai pendukung fanatik maka tentu saja akan memberikan jawaban pada kandidat yang didukungnya, nah ada beberapa kategori disini agar data yang diperoleh menjadi valid ( setidaknya mendekati kebenaran ). Dari sisi manfaat memang tidaklah banyak pengaruhnya, dia akan keluarkan pulsa sekali SMS atau meluangkan waktunya beberapa menit untuk diajak wawancara oleh petugas pelaksana Polling. Pemetaan Poller ini memang perlu di lakukan agar tepat sasaran dan menghasilkan Vote yang baik. Seseorang bisa saja mengatakan, " Saya dapat apa dari polling itu ?" ini bukan cerminan orang bisa diajak bicara, tinggalkan saja.
B. Penyelenggara Polling tentu saja membutuhkan data - data valid untuk dijadikan referensi, menghadapi massa poller memang tak mudah karena sikap-sikap apatis dan ketakutan-ketakutan untuk memberikan pendapatnya, namun sekali lagi menghadapi orang apatis tak perlu lagi " diladenin " dalam polling apalagi sudah membuang muka ( ciri - ciri individualisme ? ). Sebaiknya memang penyelenggara Polling tersebut harus memetakan massa yang dituju, lepas dari kepentingan kandidat yang didukungnya namun kita memahami disini adalah Polling ditujukan untuk mencari jawaban awal terhadap suatu tujuan melalui survey, bentuk dukungan bisa dianggap saja nilai positive dan tidak mendukung adalah negative, tinggi rendahnya hasil polling bisa menjadikan koreksi untuk menaikan popularitas dan dukungan.
Pada kenyataannya memang Polling akan mengalami kendali cibiran, karena kadang penyelenggara tidak ada komitmen atau proteksi data yang dihasilkan sehingga menjadikan apatis bagi peserta Polling, ini perlu dipahami.
Sistem Polling memang ada banyak, bisa saja melalui web atau SMS, bagi penyelenggara Polling kadang akan berurusan langsung dengan pihak - pihak terkait, katakanlah jika memakai jasa Operator maka akan berlaku aturan - aturannya dimasing- masing oprator SMS. Anda dapat melakukan kerjasama dengan Pihak operator selluler, tapi itu tidak mudah, apalagi sudah berkaitan dengan sisi bisnis, harus melalui pertimbangan dan prosedur yang berbelit dan perhitungan yang tidak mudah juga.

Sebagai illustrasi pada pollling SMS, misalnya jumlah pemilih tetap 1000 dan tidak pasti tidak akan semuanya memilih, maka diambil 20 % yang tidak menggunakan hak suaranya maka tinggal 800 orang saja, dari angka 800 itu dibagi menjadi 4 kandidat cawali atau cabup maka masing - masing akan memperoleh 200 saja, dan 200 orang tersebut tidaklah menggunakan Operator selluler yang sama, maka 200 dibagi lagi dengan jumlah seluller yang ada, misalnya 200 / 5 operator SMS menjadi 40 orang saja pengguna SMS, angka ini dianggap kecil dan tidak menghasilkan apa - apa jika ditujukan menjadi bisnis SMS Polling. Jika anda menaruh harga setiap polling itu Rp. 1000 maka anda hanya akan memperoleh nilai 40.000 saja belum dipotong pajak dan share.
Dan perlu kita tahu bahwa Operator Selluler sudah mempunyai sistem polling seperti itu dan dengan database nomor pelanggan yang sangat lengkap, maka Anda akan diarahkan kepada Sistem yang telah mereka miliki, dan bukan SISTEM yang Anda Punya. :( :(
Masihkah Anda berpikir keuntungan dengan menyelenggarakan Polling ? Kecuali kita memiliki event besar sekelas kontes Dangdut yang bisa diikuti oleh seluruh masyakat Indonesia :) :) Sangat menguntungkan, dan jangan lupa bahwa Polling - Polling yang berkaitan dengan Politik tidak akan semulus seperti yang Anda bayangkan. " Pemilih cerdas akan memilih di TPS, bukan di Polling " katanya.

Lepas dari semuanya, Polling sangat dibutuhkan oleh Kandidat dalam meraih dukungan dan simpatisannya, banyak manfaat yang bisa diraih, jika kurang menunjukan angka baik maka indikator tersebut mengartikan kurang maksimal tim sukses dalam bekerja dan semuanya dipantau dengan target operasional SMS.
Polling melalui SMS dianggap praktis untuk skala daerah dan lepas dari urusan bisnis dimana tarif SMS tetap normal dan lintas operator artinya jangan pernah berpikir keuntungan melalui SMS jika memang data survey yang independen akan diraih.

Tak perlu banyak birokrasi sebagian Tim Sukses atau LSM memanfaatkan jasa Polling dengan sistemnya sendiri yang banyak sekali dibuat oleh mereka karena jalur yang lain sudah dianggap " buntu ", ini adalah suatu bentuk kreativitas positive yang perlu didukung.

SMS Gateway menjadi sangat populer sebagai sarana untuk tujuan itu, Polling survey tanpa harus melalui prosedur berbelit akan terus berkembang baik yang memiliki versi Web atau pun Standalone yang semuanya memiliki keunggulan masing - masing.

SMS Polling versi Standalone ini sangat sederhana, namun kemampuan untuk survey atau Polling sudah cukup untuk itu.

Software versi standalone ini kebanyakan dipakai oleh kandidat dan LSM untuk melihat Popularitas kandidat, apa yang disampaikan dalam kampanye akan terlihat jelas respon masyarakatnya dan berapa jumlah yang dapat diraih, seberapa efektif dan seberapa pengaruhnya terhadap masyarakat.
Sebagai gambaran, saat anda melakukan kampanye kemudian anda bisa menutupnya dengan kata - kata jakan untuk mendukungnya dengan mengirimkan SMS ke nomor SMS server anda, maka secara pasti Anda dapat melihat seberapa efektiv kampanye anda pada event tersebut dan masyarakat / konstiuen akan merespon tanpa kesulitan karena melalui HP - nya dan tidak perlu memakai kuota internet.
Peralatannya juga sangat murah, cukup dengan 1 unti PC kelas DualCore yang dijadikan Servernya, 1 unit modem SMS dan program aplikasi SMS gateway yang banyak dijual dipasaran dengan harga variatif.
Anda tertarik dengan sistem ini ??
Silahkan lakukan pemesanan
Download pemesanan : disini